Bolehkah Mencampur Premium dengan Pertamax?


Banyak orang beranggapan mencampur kedua bahan bakar premium dan pertamax untuk meningkatkan kualitas bahan bakar dengan biaya ekonomis, benarkah?

Mengutip keterangan dari AstraWorld, gunakan jenis bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraan Anda.

Biasanya setiap pembelian unit kendaraan, produsen selalu memberikan buku manual, jadi cek buku manual kendaraan Anda, apakah menggunakan bensin RON 88, RON 92, atau RON 95. Ketiga jenis bahan bakar itu tentu punya harga yang berbeda. Yang lebih penting RON 92 atau 95 tentu punya kualitas yang lebih baik dibandingkan RON 88.

Pasalnya, kandungan oktan tinggi pada bahan bakar sesuai dengan rasio kompresi mesin yang kini sudah semakin tinggi. Dengan demikian performa mesin lebih responsif karena pembakaran sempurna, dan emisi jadi lebih rendah. Selain oktan, kandungan aditif pada masing-masing jenis juga menentukan kualitasnya.

Bensin RON 92 atau 95 mempunyai aditif yang berfungsi sebagai pembersih kerak di ruang bakar, sedangkan bensin RON 88 masih memiliki kelemahan yang bisa menyisakan kerak di ruang bakar.

Jadi mencampur bensin RON 88 dengan RON 92 atau 95 mengakibatkan aditif tidak berfungsi secara maksimal.

Umumnya, menggunakan bahan bakar campuran antara RON 88 dengan RON 92 atau 95 akan menghasilkan kualitas bahan bakar lebih baik dibanding menggunakan bensin RON 88 saja. Hanya pada penyesuaian nilai oktan. Tetapi dari aditif yang ada di bensin RON 92 atau 95 jadi tidak berfungsi secara aktif lagi.

Previous Stop Isi BBM Full Tank
Next Berita Terbaru Pesawat Lion Air JT-610 Rute Jakarta-Pangkal Pinang Hilang Kontak

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *