Gunung Soputan di Sulawesi Utara Meletus


Gunung Soputan yang terletak di kabupaten Minahasa Tenggara Provinsi Sulawesi Utara meletus pada hari rabu (3/10/2018) pukul 08.47 WITA, menurut rekaman seismogram tercatat amplitudo maksimum 39 mm dengan durasi sekitar 6 menit.

Gunung Soputan berjarak sekitar 50 km sebelah barat daya kota Manado dan 12 Km sebelah timur Tombatu Minahasa Selatan. Memiliki ketinggian 1.784 mdpl, Gunung Soputan termasuk kategori Gunung Stratavolkano yang merupakan pegunungan tinggi dan mengerucut yang terdiri aras lava dan abu vulkanik yang mengeras.

Letusan tersebut sejauh ini diyakini aman karena dalam radius 4km tidak terdapat pemukiman, akan tetapi kolom abu dengan tekanan kuat teramati berwarna kelabu hingga coklat dengan intensitas tebal condong mengarah ke arah barat dan barat laut.

Hujan abu vulkanik diperkirakan jatuh di daerah di barat-barat laut Gunung Soputan, namun tidak mengganggu penerbangan. Sejauh ini Bandara Internasional Sam Ratulangi di Kota Manado yang berada di Tenggara Gunung Soputan, tetap beroperasi normal.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulut, sudah membagikan masker, namun masyarakat belum perlu mengungsi karena masih aman. Dianjurkan warga tak melakukan aktivitas di radius 4km.

Akan tetapi masyarakat diharap tetap waspada potensi ancaman aliran lahar yang dapat terjadi setelah terjadinya erupsi, ketika material letusan terbawa oleh air, terutama pada sungai-sungai yang berhulu di sekitar lereng Gunung Soputan, seperti Sungai Ranowangko, Sungai Lawian, Sungai Popang dan Londola Kelewahu.

Previous Ratna Sarumpaet Dipukuli Orang Tidak Dikenal [HOAX]
Next Ratna Sarumpet Mengakui Cerita Bohongnya

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *