Marvel berduka, Stan Lee Meninggal Dunia


Pencipta sekaligus legenda komik-komik Marvel, Stan Lee meninggal dunia pada usia 95. Pria kelahiran New York, Amerika Serikat, 28 Desember 1922 ini mengembuskan napas terakhirnya saat dibawa dengan ambulans dari kediamannya di Los Angeles menuju Cedar Sinai Medical Center, AS.

Meski belum diketahui pasti penyebab kematiannya, namun Bapak Superhero ini telah berjuang melawan penyakit pneumonia sejak satu tahun terakhir.

Pneumonia bukan penyakit main-main. Siapa pun bisa terserang, termasuk Stan Lee. Apalagi di zaman kiwari, ketika polusi udara kian mengkhawatirkan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut bahwa ada sekitar 6,5 juta kematian setiap tahun yang disebabkan oleh menghidup udara tercemar. Polusi udara dari rumah tangga juga menjadi penyebab 4,3 juta kematian prematur.

Cina adalah negara dengan angka kematian prematur akibat polusi udara tertinggi. Disusul oleh India dan Indonesia di posisi ketiga dengan 165 ribu kematian prematur akibat polusi udara.

Indonesia sendiri dikenal sebagai salah satu wilayah dengan tingkat polusi udara tertinggi.

Stan Lee mengalami masa-masa tidak mengenakkan dalam beberapa tahun terakhir.

Istrinya, Joan Lee meninggal Kamis pagi (6/7) di sebuah rumah sakit di Los Angeles. Joan menghembuskan napas terakhir di usia 93 tahun setelah menjalani terapi buat sembuh dari penyakit stroke.

Stan Lee juga menuntut para bos POW! Entertainment, perusahaan yang ia dirikan pada 2001, atas tuduhan penggelapan uang. Dia juga menuntut mantan manajernya.

Stan Lee dengan nama asli Stanley Martin Lieber memulai karir nya sebagai penulis skrip untuk komik superhero dan misteri di perusahaan penerbitan milik kerabatnya Martin Goodman. Pada usia 19 tahun, Lee menjabat sebagai kepala editor.

Dunia pun mencatat Stan Lee dengan tinta emas. Stan Lee mendapat Jack Kirby Hall of Hall of Fame pada tahun 1995. Ia juga sempat menerima National Medal of Arts pada tahun 2008.

Stan Lee juga dianggap merupakan raja cameo di film-fim Marvel. Kemunculannya sangat ikonis bagi para penggemar Marvel.

Stan Lee tak berhenti menyalurkan fantasinya yang brilian. Pada 1963, Lee menghadirkan karakter kelompok pahlawan mutan, X-Men, pengusaha konglomerat teknologi Iron Man, ahli sihir tertinggi Doctor Strange, agen CIA Nick Fury, dan manusia es Iceman.

Masih belum lelah berkarya, Lee banyak membuat variasi pada 1964. Dua pahlawan wanita muncul, yaitu Black Widow dan Scarlet Witch yang merupakan mantan penjahat, diikuti kedua adik laki-laki kembarnya, Quicksilver diciptakan pada 1964. Tahun itu pula, Lee memberi ruang untuk kaum difabel, terbukti hadirnya Daredevil seorang pahlawan yang tunanetra dan Hawkeye yang tunarungu.

Pada 1966, Lee menciptakan pahlawan super kulit hitam pertama sepanjang sejarah Amerika Serikat yaitu Black Panther. Ia adalah salah satu manusia paling cerdas, paling kaya dan paling mematikan di alam semesta Marvel.

Kepergian legenda komik Marvel Stan Lee turut meninggalkan duka cita yang mendalam bagi sejumlah pesohor dunia, khususnya mereka yang terlibat dalam semesta Marvel. Begitu kabar duka ini tersiar, pemeran Captain America Chris Evans, pemeran Iron Man Robert Downey Jr., bintang Black Panther, Letitia Wright dan Winston Duke ikut menyampaikan rasa dukanya di media sosial.
Begitu juga Tom Holland yang memberi persembahan khusus di akun Instagram-nya untuk Lee.

Ungkapan duka yang sama pun disampaikan sejumlah bintang lain seperti Ryan Reynolds, Hugh Jackman, Josh Brolin, Mark Ruffalo, Zoe Saldana, Karen Gilan, Samuel L Jackson, dan lainnya.

Selamat jalan, Stan Lee.

Previous Lion Air JT-610 Ditemukan
Next Sebuah Rumor Menyebabkan Dua Pria Dibakar Hidup-hidup di Mexico

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *