Perpanjangan SIM Luar Provinsi di Surabaya


Sempat terpikir tidak mungkin dilakukan, ketika saya yang ber KTP Toraja Sulawesi Selatan kembali ke kota Surabaya dan baru sadar kalau SIM C saya expired dalam waktu kurang dari 2 minggu.

Setelah googling, ternyata bisa di urus di taman bungkul, keesokan harinya sekitar pukul 8 pagi saya meluncur ke sana, sudah banyak antrean. Saya tanya ke petugas disana, dijawab bisa akan tetapi blangko sim nya sedang kosong jadi nanti akan di berikan bukti telah mengurus perpanjangan sim dan blangko sim akan tiba sekitar 2 mingguan paling lama, intinya jika sudah bisa diambil akan dihubungi. oh ya satu catatan khusus..jika mengurus perpanjangan sim di taman bungkul, batas nya adalah sim yang habis pada bulan yang sama ketika diurus, misal sim saya habis tanggal 10 oktober, maka bisa mulai di urus ketika tanggal 1 oktober, jika masih bulan september belum bisa di urus.

Karena waktu ke taman bungkul masih di bulan september, maka disarankan oleh petugas disana untuk langsung ke SATPAS Colombo di Jl. Ikan Kerapu no 2-4 Perak barat, Surabaya. disini meski 1 bulan sebelum habis tetap bisa mengurus perpanjangan.

Akhirnya ketika mendapat kepastian tersebut, hari ini saya baru sempat mengurus perpanjangan SIM C saya, berangkat sekitar pukul 8 dan sampai disana pukul 9 kurang, wah ternyata SATPAS Colombo sedang membuat gedung baru, terlihat jauh lebih rapi dan luas. Gerbang parkir sudah otomatis menggunakan tiket, terdapat beberapa polisi berjaga didekat mesin tiket.

Setelah memakir motor, saya mencari tempat dokter yang praktek disekitar sana untuk surat keterangan sehat, syarat untuk mengurus perpanjangan SIM adalah :

1. KTP asli dan 1 fotocopynya
2. SIM asli dan 1 fotocopynya
3. Surat Keterangan Sehat.

Diseberang SATPAS terdapat papan petunjuk dimana terdapat dokter praktek yang bisa memberikan surat keterangan sehat. Ternyata banyak yang sudah antre, cukup serahkan SIM dan KTP ke petugas jaga disana, dan tunggu. Sekitar 20 menit kemudian akan dipanggil dan bayar 25rb surat keterangan sehat pun sudah jadi. Tidak ada pemeriksaan badan atau mata sama sekali. Cuma ketika saya mengantri terdapat bapak cukup berumur, oleh dokter, bapaknya disuruh membaca tulisan yang tertera di sebuah kertas, mungkin untuk membuktikan bahwa bapak tersebut masih bisa melihat dan membaca dengan jelas.

Langkah selanjutnya kembali ke SATPAS dan disamping gedung baru ada petugas yang hanya memperbolehkan pengurus SIM yang dibolehkan masuk, pengantar akan di suruh menunggu. Sudah disediakan tenda dan tempat duduk. Jaket dan kacamata hitam harus dilepas. Syarat-syarat juga di cek disini, kemudian akan diarahkan terus lurus dan menuju kekiri, cari gedung di kanan pojok. Akan ada petugas yang menanyakan tujuan kita, saya sebutkan hendak memperpanjang SIM C, maka petugas memberikan kita tiket antrian dengan kode P, jika baru akan mendapat tiket antrian dengan kode B. Setelah mendapat tiket antrian, pindah ke meja diseberang mesin antrian untuk mengambil form perpanjangan. Disitu semua kelengkapan akan di jepret menjadi satu di form perpanjangan.

Isi semua kolom yang ada, sudah disediakan contoh pada sebuah meja tulis, ingat bawa bolpoin ya. Saya bawa sebetulnya cuma saya tinggal di tas istri saya yang menunggu di luar, jadi beli lagi deh, untung ada bapak penjual koran dan pena berdiri tidak jauh dari meja tulis. Mungkin karena terlalu sering banyak yang tidak membawa pena ya. Jadi bapaknya berdagang pena disitu. Pena dengan merk tidak jelas di jual 3rb rupiah.

Butuh sekitar 30 menit, baru nomor antrian saya dipanggil ke meja 6, petugas mencatat nama, alamat, no ktp dan no sim ke komputer. Setelah itu kita melanjutkan ke ruangan sebelah untuk mengambil foto, sidik jari jempol kiri dan kanan, kemudian tanda tangan.. selesai. Cepat dan mudah.

Setelah itu keluar ruangan, ikuti aja jalur jalan keluar untuk mencari BANK BRI untuk membayar biaya perpanjangan SIM C sebesar 75rb rupiah, setelah itu tulis Nama dan Alamat, serahkan ke petugas di loket cetak/prod sim. Belum sempat lama menaruh pantat..eh SIM baru sudah jadi. Cepat juga hehe

Kesimpulan, proses semakin cepat dan mudah, jadi bisa kita urus sendiri tanpa calo. Semua beres dalam waktu sekitar 1,5jam saja (tergantung antrian ya).

Jika ada pertanyaan silahkan komen dibawah, akan saya coba jawab jika bisa. Salam

Previous Review Hotel Four Points by Sheraton Makassar
Next Benarkah Minuman Torpedo Berbahaya

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *