Apa Bedanya Telur Warna Putih dan Cokelat? Ini Faktanya!


Image by rawpixel.com

Dilansir dari The Kitchn, perbedaan warna telur ayam (cokelat dan putih) karena telur dihasilkan dari ayam yang berbeda. Ayam dengan bulu putih dan bertelinga putih menghasilkan telur berwarna putih, sedangkan ayam dengan bulu merah kecokelatan dan bertelinga merah menghasilkan telur berwarna cokelat.

Sekalipun berbeda namun tidak mempengaruhi kualitas telur. Tidak ada yang lebih baik, keduanya bisa digunakan dan dimasak seperti biasa. Berdasarkan kandungan nutrisi dan rasa, tidak ada perbedaan pada kedua telur tersebut.

Image by rawpixel.com

Perbedaan warna cangkang telur juga tidak mempengaruhi ketebalan cangkang. Hal yang menyebabkan cangkang telur tebal atau tipis adalah usia ayam petelur yang menghasilkan. Semakin tua ayam, telur yang dihasilkan akan memiliki cangkang tipis. Ayam lebih muda menghasilkan telur dengan cangkang tebal dan kuat.

Jadi, perbedaan warna pada telur tidak mempengaruhi kegunaannya dalam bahan makanan termasuk ketika anda membuat kue. Tahukah anda mengapa telur merupakan salah satu bahan yang penting dalam pembuatan kue? Seperti yang dikutip dari Thekitchn, telur mmampu menciptakan struktur dan stabilitas adonan. Dilansir dari Baker Bettie, penggunaan telur utuh, kuning telur saja dan putih telur saja juga berbeda efeknya dalam membuat kue.

Telur utuh

  • Mengandung lemak dan protein, telur yang digunakan secara utuh bertindak sebagai lem atau bahan pengikat yang menyatukan adonan bahkan memberikan kelembapan pada kue dan makanan yang dipanggang.
  • Telur utuh memberikan struktur lembut pada kue.
  • Telur menambahkan cita rasa, warna dan aroma pada makanan
  • Dalam hal pembuatan saus dan custard, tugasnya adalah mengemulsi dan mengentalkan.

Kuning telur

  • Terdiri dari lemak dan protein, kuning telur berperan sebagai pengemulsi pada makanan, yaitu menggabungkan cairan dan lemak menjadi satu adonan yang baik.
  • Kuning telur juga memberikan rasa dan warna keemasan yang menarik saat dipanggang.
  • Kuning telur berperan mengentalkan campuran, menciptakan tekstur gel kenyal.

Putih telur

  • Terdiri dari air dan protein, putih telur yang dikocok mengembang menjadi busa membantu menciptakan kesan bersih dan mengembangkan adonan, mulai dari cake hingga souffle.
  • Putih telur juga menjadi menguat rasa alami yang tidak mengubah warna dan rasa bahan makanan utama.
  • Putih telur bisa digunakan begitu saja sebagai krim atau bahan utama saat membuat meringue.
  • Karena putih telur tidak mengandung lemak, kue yang dipanggang akan menciptakan hasil lebih kering. Namun jika dikombinasikan dengan gula, akan memberi kelembapan pada kue.

Itu dia fungsi telur dalam membuat kue, setiap bagian telur punya peran berbeda, bahkan jika digunakan dalam keadaan utuh.

Previous Jambore Nasional Holden 2019
Next Mengenal Bintang Michelin

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *