Proses Ganti Nama di KK dan KTP Surabaya


Kejadian ini dialami oleh ibu saya, ketika hendak mengurus passport terhenti karena ternyata nama yang tertera tidak sesuai dengan yang tertera di akta kelahiran, sebut saja di KTP tertera Bunga Mawar, sedang di akta kelahiran cuma tertera Bunga, selidik punya selidik ternyata dulu ibu saya ketika hanya menyandang nama Bunga sering sakit-sakitan, jadi oleh bapak ibu saya nama beliau di tambahi menjadi Bunga Mawar.

Jadi untuk dapat mengurus passport, nama dari dokumen tertua sampai yang terbaru harus sama persis. Solusinya ada 2 yaitu mengganti nama di KK dan KTP agar sesuai akta kelahiran dan cara berikutnya mengurus ke pengadilan untuk merubah nama yang ada di akta kelahiran. Karena ibu saya tidak keberatan hanya menyandang nama Bunga saja seperti pada akta kelahiran, maka di putuskan lebih mudah dan cepat mengganti nama yang tertera di KK dan KTP. Semoga ibu saya tidak kembali sakit-sakitan seperti waktu kecil..hiks

Proses penggantian nama di KK dan KTP dimulai dengan meminta surat pengantar ke sekretaris desa kemudian di stempel oleh ketua RT, kemudian stempel RW baru kemudian di serahkan ke kantor kecamatan untuk dibuatkan surat pengantar permintaan perubahan nama untuk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Surabaya yang berada di gedung Siola, Jl Tunjungan no 1-3 Genteng. Keseluruhan proses memakan waktu 1 hari saja.

Setelah surat pengantar sudah di tangan, selanjutnya yang perlu Anda persiapkan adalah 1 fotocopy akta kelahiran untuk di legalisir di kantor Dispenduk nanti, 2 fotocopy KK dan fotocopy surat pengantar dari kecamatan.

Kami datang di kantor Dispenduk sekitar pukul 10 pagi, terdapat 3 lokasi parkir, pertama di lorong sebelum gedung Siola di jalan Genteng kali, parkir resmi Siola tepat di bawah bangunan jembatan penyeberangan (kapasitasnya tidak banyak, jika penuh maka akan di sarankan parkir di TEC).

Pintu masuk gedung Dispenduk Siola berada di depan jalan Genteng kali, entah kenapa yang di jalan Tunjungan tertutup. Setelah di dalam segera menuju ke bagian tengah untuk minta no antrian, untuk bagian ganti nama di KK dan KTP akan diarahkan ke bagian C, selama menunggu Anda bisa meminta legalisir fotocopy akta kelahiran yang sudah Anda siapkan dari rumah, pergilah ke konter D (tidak perlu no antri) yang berada disamping konter C. Cukup serahkan fotocopy akta kelahiran maka akan segera di stempel.

Ketika no antrian Anda dipanggil oleh konter C, segera menuju meja yang di sebutkan, serahkan semua dokumen yang sudah disiapkan, oh ya bawa dokumen asli ya untuk di cek. setelah itu Anda di minta menunggu, tidak lama nama Anda akan dipanggil dan surat keterangan dari Dispenduk sudah jadi (data sudah di update), Anda tinggal menunggu 2 hari untuk bisa membawa surat keterangan tersebut ke kantor kecamatan di tempat Anda tinggal, setelah itu 7 hari kemudian KK dan KTP baru Anda sudah bisa diambil.

Kesimpulan, semua proses cukup mudah dan gratis, layanan Dispenduk Surabaya sudah semakin canggih dan cepat. Salut

Previous DJI Osmo Pocket, Gimbal Seukuran Tangan
This is the most recent story.

2 Comments

  1. Avatar
    Riska
    July 24, 2019
    Reply

    Kak, ini kasusnya sama kayak saya. Nama KK dan KTP saya salah di spasi seperti yg harusnya aprillyasari menjadi aprillya sari. Saya ingin membetulkan spasi tersebut di KK dan KTP saya. Setelah saya baca diatas ternyata tidak perlu ke kelurahan kah kak? Mohon pencerahannya. Untuk yg pencetakan KTP baru dan lama itu dimana kak? Dispendukcapil kah? Terima kasih

    • Avatar
      September 9, 2020
      Reply

      Halo maaf baru balas, iya kalau Kak Riska tinggal di Surabaya,langkahnya seperti yang saya tulis diatas, cukup surat pengantar dari kecamatan, terus bawa ke Dinas Kependudukan. Setelah data di Dinas Kependudukan berhasil dirubah, maka kalau tidak salah ingat kecamatan tempat kak Riska tinggal akan mengeluarkan KK dan KTP baru sesuai data dari Dinas Kependudukan.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *